Jumat, 19 November 2010

Pemerataan, Masjid Menara Bagikan Kurban Jumu'ah

Kudus, CyberNews. Yayasan Masjid, Makam, dan Menara Sunan Kudus menyembelih hewan kurban besok (19/11) atau 12 Dzulhijjah guna pemerataan daging kurban, khususnya untuk yang berhak namun belum tersentuh.

Panitia Kurban YM3SK, Deni Nur Hakim, mengatakan, cakupan pembagian daging kurban seluruh Kabupaten Kudus. “Daerah yang sudah ada orang berkurban tidak kami rekomendasikan didistribusikan, karena di situ sudah banyak. Justru orang yang berhak tetapi tidak ada yang berkurban kami drop,” jelasnya, kemarin.

Pemilihan tanggal terakhir dari tanggal yang diwajibkan dalam ajaran Islam untuk berkurban merupakan tradisi yang berjalan turun-temurun. “Kami bertumpu pada tradisi baik yang telah dijalankan orang terdahulu di Menara ini,” ujarnya.

Cara yang dilakukan untuk mengetahui daerah yang belum mendapatkan daging kurban adalah memanfaatkan sejumlah kawan, kenalan, atau jemaah yang sering ke Masjid Menara. Dari data itu akan ditentukan daerah mana yang belum tersentuh.

Tahun lalu pihaknya berhasil menghimpun delapan ekor kerbau dan 25 kambing yang dibagikan kepada ribuan warga. “Sampai saat ini yang masuk belum semunya. Tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi,” katanya yang juga staf YM3SK ini.

Cara pembagian yang dilakukan dengan mengantar daging kurban diyakini dapat meminimalisir kericuhan sebagaimana banyak terjadi di berbagai daerah. Hal ini juga dilakukan Pantia Kurban di Masjid Darul ‘Ilmi Universitas Muria Kudus. Salah satu panitia, Muhammad Fauzi, mengatakan, daging kurban diantar langsung ke warga sekitar dengan jumlah mencapai 900 kantong daging.

( Zakki Amali /CN16 )

From: Suara Merdeka Cyber News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar