Kamis, 07 April 2011

Training Jurnalistik dan Administrasi

Di pagi yang sedikit mendung ada beberapa panitia sedang menyiapkan acara KMKS. Di sebelah utara Musholla Raudhatul Jannah, acara pada hari itu akan dilaksanakan. Sabtu Pon, 20 Rabi’ul Akhir 1432 H/26 Maret 2011 M tepatnya, Training Jurnalistik dan Administrasi dilaksanakan. “Acara ini merupakan program kerja dari Departemen Pengkaderan”, kata Husnut Tahhari selaku ketua Panitia Pelaksana acara ini. Dengan peserta dari pengurus dan sedulur KMKS sendiri serta undangan dari organisasi daerah lain turut memeriahkan acara tersebut.

Sekitar 30 orang mengikuti pelatihan dengan antusias. Bertempat di gedung serbaguna Madin Raudhatul Jannah Perum Bank Niaga, acara pun dimulai pukul 09.30 WIB. “Tidak semua orang dapat menulis. Menulis merupakan hal yang dapat kita banggakan di kemudian hari”, tutur pembina KMKS, Hj. Arikhah, M. Ag dalam sambutannya pagi itu.
Acara yang diketuai oleh Husnut Thahhari itu terbagi dalam empat materi. Yang pertama adalah Jurnalistik yang disampaikan oleh Ammar Mahmud, S. Th. I pukul 09.15-10.45. Lulusan Fakultas Ushuluddin Program Khusus (FUPK) tahun 2010 itu menyampaikan seputar dunia jurnalistik dengan kilau yang memukau peserta. Dimulai dengan berita, essay, opini, artikel, puisi, resensi, cerpen serta diakhiri dengan teknik wawancara.
Setelah itu disambung lagi dengan Layout dan Desain Grafis oleh M. Rikza Muqtada pukul 10.45-11.45. Didalamnya mencakup layout buletin, majalah dan lain-lain serta desain grafis pamflet, MMT, spanduk dan brosur. Setelah itu dilanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan.

Pukul 13.00 WIB adalah materi Surat-Menyurat, LPJ dan Keadministrasian KMKS yang disampaikan oleh Sekretaris Umum KMKS, Nila Chusniya. Tentang penomoran surat, hal, pembuka, isi, penutup, letak tandatangan dan stempel dan format LPJ adalah bagian dari materi ini. Setelah selesai dengan beberapa pertanyaan dari peserta, kemudian materi ini ditutup pukul 13.45 WIB. Setelah itu, materi terakhir adalah Proposal yang disampaikan M. Akmaluddin. Segala yang menyangkut teknis dan mekanisme proposal dibahas didalamnya.

Pukul 14.30 adalah Follow Up Planning pelatihan ini, dengan pembentukan dua kelompok buletin. Kelompok pertama diketuai oleh Rofiqoh Rahmawati dan kelompok kedua diketuai oleh M. Khoirul Fatihin.

Esoknya, Ahad Wage, 21 Rabi’ul Akhir 1432 H/27 Maret 2011 M adalah realisasi dari program kerja Departemen Olahraga dan Bakat Minat, yaitu jalan pagi bersama. “Jalan pagi kali ini didominasi angkatan 2009 dan 2010. Ini dikarenakan banyak angkatan 2008 memiliki agenda tersendiri di rumah (pulang Kudus, red) sehingga mereka tidak bisa mengikuti acara ini”, terang Ricky Rahman, ketua umum KMKS.

By: Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar