Selasa, 16 Februari 2010

Penjemputan Wisudawan-Wisudawati Keluarga Mahasiswa Kudus-Semarang (KMKS) Cabang IAIN Walisongo Semarang

Hari Kamis, tanggal 28 Januari 2010 merupakan hari yang paling dinantikan mereka yang sudah menyelesaikan masa kuliah S1 mereka. Hari dimana semua sanak keluarga datang dan mendampingi para calon wisudawan-wisudawati yang telah menyelesaikan masa studinya di IAIN Walisongo Semarang. Mereka berasal dari berbagai kota, dalam maupun luar Jawa.

Acara penglepasan para wisudawan-wisudawati itu dilaksanakan di auditorium II kampus III IAIN Walisongo Semarang. Bertepatan dengan berakhirnya 100 hari program pemerintahan SBY-Boediono itu, KMKS Cabang IAIN Walisongo Semarang punya gawe besar. Yaitu penjemputan para wisudawan-wisudawati yang berasal dari Kudus. Acara ini dikoordinir oleh Departemen Luar Negeri KMKS Cabang IAIN Walisongo Semarang. Adapun koordinator Fakultas Tarbiyah: Nila Chusnia dan Risda Umami, Fakultas Ushuluddin: Muhammad Akmaluddin dan Muhammad Rikza Muqtada, Fakultas Syari’ah dan Dakwah: Muhammad Khasan Amrullah (ketua KMKS) dan Mas Munawwir.

Acara ini pada awalnya ingin menjalin kerjasama dengan Ikatan Alumni Madrasah TBS Kudus (IKSAB) cabang IAIN Walisongo Semarang yang notabenenya juga berasal dari Kudus. Akan tetapi, dari pihak IKSAB sendiri sepertinya kurang siap, sehingga KMKS melaksanakan kegiatan ini secara independent.

Sekitar lima belasan atau lebih warga KMKS diwisuda pada hari itu. Diantaranya adalah Luthfi Rahman sebagai lulusan dengan predikat summa cumlaude dari Fakultas Ushuluddin Program Khusus (FUPK), yang sekarang menjadi supervisor/musyrif Ma’had Putra FUPK DEPAG Tanjungsari Ngaliyan.

Tidak banyak yang bisa dilakukan pada hari itu dikarenakan kurangnya pengalaman teman-teman dalam hal penjemputan. Ditambah kegiatan di organisasi lain yang mengadakan penjemputan, seperti PMII, asrama FUPK IAIN Walisongo dan berbagai organisasi baik yang bersifat intra maupun ekstra. Begitu juga kurangnya informasi tentang para wisudawan-wisudawati yang berasal dari berbagai fakultas yang mempersulit pendataan.

Tidak seperti ORDA yang lainnya, KMKS hanya membuka stand penjemputan terpencil, terletak di gedung M Fakutas Syari’ah samping kamar mandi. Stand yang sederhana dengan greenflag-nya KMKS serta hanya beralaskan tikar dan karpet. Acara ini bukan hanya dihadiri oleh para wisudawan-wisudawati dan keluarganya, tetapi juga warga senior KMKS seperti Mas Inun wa ikhwanuhu. Ungkapan rasa syukur terucap dari wisudawan-wisudawati atas terselesaikannya masa kuliah S1 mereka. Kami sebagai pengurus KMKS Cabang Walisongo Semarang juga memanjatkan kepada Allah Ta’ala yang telah diberi kesempatan untuk menjemput para kakak-kakak wisudawan-wisudawati.

Akhirnya, kami atas nama semua warga KMKS Cabang IAIN Walisongo Semarang mengucapkan “Selamat atas diwisudanya kakak-kakak kami. Semoga diberi kemudahan dalam mengarungi samudra kehidupan berikutnya. Inilah bukan akhir dari perjuangan kalian, tapi ini adalah sebagian dari permulaan untuk menggapai rahmat Allah Ta’ala untuk masa depan yang lebih baik. Alfu mabruk ‘alaikum ya ikhwanna. Good luck and may Allah bless you and us forever”. Amiin.

By: Muhammad Akmaluddin

Koordinator Departemen Daalam Negeri KMKS Cabang IAIN Walisongo Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar