Senin, 13 September 2010

See You Ramadlan, Welcome Syawwal

Dalam tahun ini, 1 Syawwal 1431 H jatuh pada hari Jumu’ah Legi, bertepatan dengan 10 September 2010 M. Bulan Syawwal merupakan bulan ke sepuluh dalam kalender hijriyah. Bulan ini jatuh setelah bulan puasa penuh berkah, Ramadlan. Hari pertama bulan Syawwal adalah hari raya ‘Idul Fitri, yang disunahkan mengumandangkan takbir pada malam harinya. Dalam suatu hadits disebutkan:
زيِّنواالعيدين بالتهليل والتقديس والتحميد والتكبير
“Hiasilah hari rayamu (‘Idul Fitri dan ‘Idul Adha) dengan membaca tahlil, kalimat subhanallah, tahmid dan takbir”.

Di Indonesia, bulan Syawwal merupakan saat dimana kaum Muslimin saling bermaaf-maafan dan bersilaturrahim ke rumah orang tua, sanak famili, teman dan para relasinya. Adapun esensi dari ‘Idul Fitri sendiri itu adalah yang tertera dalam suatu maqalah:
ليس العيد لمن لبس الجديد ولكن لمن طاعته تزيد، ولا لمن تجمل بالملبوس والمركوب و لكن لمن غفرت له الذنوب
“Hari raya bukanlah untuk orang yang berpakaian baru, akan tetapi untuk yang taatnya bertambah dan juga bukan untuk yang berhias dengan pakaian dan kendaraan akan tetapi untuk yang diampuni dosa-dosanya”.

Selamat Hari Raya ‘Idul Fitri 1431 H. Minal ‘Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Semoga Allah Ta’ala menerima amal ibadah kita dan mengampuni dosa-dosa yang telah kita lakukan. Semoga Allah Ta’ala selalu merahmati dan meridhoi aktivitas kita. Kullu 'aamm wa antum bi khoir. Amin.

By: Aufal Chima
Mahasiswi Angkatan 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar